Minggu, 20 Mei 2012

JEMBER - JUANDA - SOETTA - INCHEON

Akhirnya hari yang saya tunggu-tunggu tiba juga. Tanggal 3 Mei 2012, tanggal keberangkatan saya menuju Korea. Lompat-lompat senang :)

Pagi itu saya memang sengaja bangun lebih pagi agar bisa memeriksa barang bawaan saya di dalam koper yang akan saya bawa untuk ke Korea nanti. Setelah cek-cek selesai saya langsung mandi agar tidak terburu-buru, karena pagi itu saya menuju Juanda dengan menggunakan travel. Jadi alangkah baiknya sebelum travel tiba saya sudah siap segala sesuatu yang dibutuhkan.
Jam setengah 7 pagi, akhirnya travel yang menjemput saya untuk menuju Juanda pun tiba. Berkemas-kemas dan pamitan sama mamah agar selamat sampai pulang nanti. :)

Kurang lebih 4 jam kemudian, saya tiba di Bandar udara Juanda Surabaya. Siang itu masih pukul 11, padahal jam check in saya jam setengah 2. Padahal saya piker perjalanan dari Jember ke Juanda bakal macet ternyata hari itu sangat bersahabat karena jalanan lancer jaya.
Tik..tok..tik..tok menunggu menunggu menunggu, akhirnya jam setengah 2 neng!! Udah waktunya check in.
Btw, disini saya tidak sendirian, karena saya disini berangkat dengan seorang ibu muda dari jember juga namanya Mbak Manda dan seorang ibu gaul dari Nganjuk nanamanya Mbak Warsih. Overall perjalanan ini sama sekali tidak membosankan karena ada teman ngobrol dan diramaikan oleh Mbak Warsih dengan candaannya yang menggelitik.
Begitu masuk ke ruang check in, saya segera menaruh koper saya di convenyor untuk di x-ray dan melakukan body check lewat metal detector. Setelah selesai saya segera menuju konter keberangkatan untuk memasukan bagasi saya dan membayar airport tax sebesar 40.000 rupiah. Setelah itu saya kemudian langsung berjalan bersama dua orang teman baru saya menuju departure room menunggu panggilan untuk menaiki pesawat. Dan setengah jam kemudian tiba giliran saya untuk menaiki pesawat.

Juanda di Siang itu, dari sisi kiriku

Juanda di Siang itu, dari sisi kananku

Bernarsis Ria menunggu jam take off

Juanda – Soekarno Hatta
2 Jam kemudian

Sampai di Soekarno Hatta. Hari itu hujan turun deras, padahal di Surabaya tadi panas terang benderang, hehehe. Begitu selesai mengambil barang dari bagasi kami bertiga langsung menuju pintu keluar untuk menemui orang yang menjemput kami dari Caring Colour. Setelah bertemu dengan orang yang membawa tulisan berisikan Caring Colour, lalu kami diajak menaiki shuttle menuju ke terminal keberangkatan internasional dan makan malam di solaria sebelum berangkat menuju Korea. (hah, saya sangat lapar sekali malam itu)

Tiba di solaria saya segera dijamu dan diajak berkenalan dengan panitia penyelenggara acara. Overall mereka ramah-ramah dan lucu-lucu. Jadi walaupun kami baru kenal tetapi kami langsung bisa ngeblend bercerita tentang perjalanan kami hingga sampai disini. 3 jam kemudian, setelah makan malam dan berkenalan dengan pemenang lainnya kami segera menuju ke terminal keberangkatan internasional untuk segera melakukan check in.
Dinner dan Melepas Lelah seusai melakukan perjalanan yang lumayan melelahkan
Setelah selesai briefing tentang apa-apa yang harus dilakukan dan syarat-syarat lainnya, lalu kami bersama-sama menuju untuk check in, pemeriksaan barang bawaan, body check, mengurus bagasi dll. Lalu kami menunggu menunggu di departure room hingga panggilan keberangkatan diumumkan.

Kurang lebih sekitar pukul 22.00 WIB

Kami bersama-sama masuk ke dalam pesawat untuk segera melakukan perjalanan pertamaku menuju Korea, menggunakan Korean Airlines.
Begitu masuk ke dalam Korean Airlines kami disambut oleh pramugari-pramugari ori Korea. Mungkin buat yang suka sama tipe-tipe wanita Korea dijamin gak bosen ngeliatnya. Postur tubuh tinggi, kulit putih bersih, cantik diatas rata-rata, hehehehehehehe.
Begitu menemukan dimana saya duduk sesuai dengan nomor yang tertera di tiket pesawat saya. Di tempat duduk tersebut sudah disediakan bermacam-macam keperluan untuk menyamankan penumpangnya, seperti selimut, headset (karena di tiap-tiap tempa duduk disediakan LCD yang dapat digunakan untuk menonton film, mendengarkan musik dan bermain game), sikat gigi dan odolnya, tissue penyegar, serta sandal agar kakiku bisa rileks sejenak selama 7 jam perjalanan. Tak lama kemudian setelah pesawat take off, pramugari-pramugari tersebut berkeliling melakukan service kepada penumpangnya. Seperti membagikan minuman, membagikan snack, membagikan makanan makan malam, dan lain-lain.

Tiket pesawat Korean Airlines (sisa setengahnya ajah :p )

Custom Delaration yang diisi di dalam pesawat yang nantiya diserahkan kepada petugas bandara.

dari tempat dudukku

Korea di pagi hari, dari atas pesawat

Jam 07.00 Waktu Korea
Welcome Incheon

Setelah melakukan perjalanan yang panjang. Dari jember, Juanda, Soetta, dan perjalanan 7 jam menuju Incheon. Akhirnya.. benar-benar sadar gak sadar saya menginjakan kaki di Incheon, Korea Selatan. Negara yang beberapa bulan yang lalu cuma bisa saya lihat di TV dan film drama Korea saja. Hari ini tepat 4 Mei 2012 saya benar-benar menginjakan kaki disini. Thanks God,,
Cek Imigrasi dulu

Welcome Korea
Apa yang saya lihat di film drama Korea sama sekali tidak berbeda tentang bandara Incheon ini. Bandara Incheon di Korea ini bener-bener bersih, rapi, dan tertata dengan gaya minimalis. Gak salah kalo dijuluki bandara terapi di dunia. :) bahkan jalan dari plane bridge menuju ke tempat pemeriksaan imigrasi lantainya full karpet. Hohohoho… sangat berbeda sekali dengan Soekarno Hatta :p Mianhe..
Setelah pemeriksaan imigrasi dan mengambil bagasi, kami langsung menuju keluar bandara. Oh ya sebelum keluar bandara kami semua disambut oleh Pak Samuel dan Bu Lita a.k.a Bu Sam yang juga panitia dari acara ini yang telah sampai duluan disini. Serta our best Local Guide Peter dan our tourist photographer Jakie yang lucu…
Hohohohoho.. best experience.. tapi belum berakhir loh,, malah ini awal semua pengalaman ku (dan kami semua) untuk mengenal Korea lebih jauh…
Tunggu ceritaku selanjutnya… :)